Bahaya Ngelem Terhadap Kesehatan

anto 2011Situasi yang diresahkan masyarakat, karena banyaknya remaja yang ditemukan menghisap lem yang berakibat prilaku remaja menjadi brutal di jalan dan sering terjadi pencurian. Hal ini terjadi karena lem sangat mudah didapat karena keberadaannya legal (sebagai lem). Hal ini yang menyebabkan penyalahgunaan pemakaian lem ini sangat cepat perkembangannya. Anak-anak/ remaja yang cenderung tidak tahu akibat negatif dari lem ini, merasa senang setelah menggunakannya. Sesaat setelah pemakaian mereka akan merasa “fly”.
Padahal zat kandungan lem yaitu Lysergic Acid Diethyilamide (LSD) yang dimasukkan ke dalam tubuh manusia dihirup melalui hidung itu dapat mengubah pikiran suasana hati atau perasaan, dan perilaku seseorang. Pemakaian terus menerus akan mengakibatkan ketergantungan fisik dan atau psikologis. Resiko yang pasti terjadi adalah kerusakan pada sistem syaraf dan organ-organ penting lainnya seperti pernafasan dan paru-paru, serta otak. LSD merupakan golongan zat adiktif lainnya yang dapat menyebabkan halusinasi (BNN RI).

Pengaruh LSD Segera Setelah Pemakaian, antara lain :

Pupil mata melebar,tidak bisa tidur, mulut kering, selera makan hilang, suhu tubuh meningkat, denyut jantung cepat, tekanan darah naik, dan berkeringat, koordinasi otot terganggu, tremor.
Pengaruh LSD Jangka Panjang ; penilaian yang salah tentang diri sendiri atau lingkungan dan halusinasi (penglihatan khayal), panic, kebingungan, cemas, merasa tak berdaya, putus asa, skizofrenia (gangguan jiwa), hilangnya kendali diri, melakukan kekerasan pada diri sendiri dan orang lain.
Oleh karena itu cara termudah mencegah kematian akibat menghirup lem adalah tidak mulai menggunakannya sama sekali. Sekali pemakai kecanduan, ia akan memiliki ketergantungan fisik dan psikologis (yang bisa berlangsung seumur hidup). Dan bagi yang sudah terlanjur kecanduan, supaya melaporkan diri ke Puskesmas Kassi-Kasi, Puskesmas Jongaya, Puskesmas Jumpandangbaru, RSKD Prov. Sulsel, RS Bhayangkara Makassar, RSU A. Makkasau Parepare, BNN Prov. Sulsel Jl. Manunggal 22 Makassar, atau langsung ke Balai Terapi dan Rehabilitasi Baddoka Makassar.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s