APA ITU PENGEMIS

Pengemis adalah orang-orang yang kerjanya suka minta-minta kepada orang lain guna memenuhi kebutuhannya. Saya membagi 3 (tiga) kelompok pengemis, antara lain :

1. Mengemis karena tak mampu bekerja

Pada kategori ini dilakukan oleh orang-orang yang mempunyai kelainan fisik pada anggota tubuhnya. Misalnya tak mampu bekerja karena tidak memiliki tangan, kaki, lumpuh, buta dll. Jadi para dermawan memang harus terpanggil untuk menyantuninya, sisihkanlah harta untuk mereka, karena menyantuni mereka insya Allah mendapat pahala yang besar.

2. Mengemis karena malas bekerja

Pengemis karena malas bekerja inilah yang menyebabkan jumlah pegemis di Indonesia sangat banyak. Pengemis pada kategori ini, orangnya mempunyai anggota tubuh yang sangat lengkap namun dihinggapi penyakit malas. Pengemis semacam inilah yang harus diberantas oleh pemerintah. Seperti kasus pengemis di Jakarta berasal dari daerah yang sebenarnya kehidupannya di daerah cukup lumayan, memiliki tempat tinggal yang baik. Tetapi ada juga yang memang tidak memiliki apa-apa. Namun sebenarnya mengemis adalah sangat tidak pantas dilakukan oleh orang-orang yang lengkap anggota tubuhnya, karena kan bisa bekerja.

Bagi dermawan yang selalu menyantuni pengemis semacam ini sama dengan membiarkan mereka bermalas-malasan, tidak mau bekerja untuk mencari nafkah.

3. Mengemis karena menginginkan jabatan.

Pengemis semacam inilah yang merusak/ menghambat pembangunan di Indonesia. Mereka yang tergolong pada kelompok ini mengemis pada atasannya dengan berbagai cara untuk memperoleh job/ jabatan. Ada yang selalu bersilaturrahmi ke rumah atasannya, ada yang selalu memberikan hadiah kepada atasannya, ada juga yang gila hormat kepada atasannya ( menunggu atasan di depan pintu untuk dijemput dan hormat-hormat sambil membungkukkan tubuhnya kemudian mengikutinya dari belakang dengan harapan disapa.

Wah, orang semacam ini jika berhasil mendapat job/ jabatan dengan cara ini, maka programnya dilaksanakan pasti menganut ABS (Asal Bapak Senang), yang penting lancar setoran ke atasan.

Wahai pembaca yang budiman, semoga kita tidak tergolong pada ketiga golongan pengemis di atas, karena dalam ajaran agama yang saya anut (Islam) mengajarkan bahwa lebih baik tangan di atas dari pada tangan di bawah yang artinya lebih baik memberi dari pada menerima.


Wassalam


Sudarianto

Iklan

3 comments on “APA ITU PENGEMIS

  1. Ping-balik: Make your weakness as your strength

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s